Khasiat Kopi Terkandung di Setiap Seruputnya

Tahukan kalian, tentang Khasiat Kopi Terkandung di Setiap Seruputnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan bisa menurunkan beberapa risiko munculnya penyakit seperti Diabetes, Jantung, dan Parkinson.

Untuk sebagian orang, kopi ini hanya dianggap sebagai penambah energi disaat menyembut hari dan juga teman disaat bersantai. Sebenarnya, banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa kopi juga mempunyai manfaat lain yang sangat baik untuk kesehatan.

Khasiat Kopi Terkandung di Setiap Seruputnya

Kopi adalah salah satu minuman paling populer didunia. Kopi murni yang dikonsumsi tanpa gula ataupun susu, mengandung antioksidan tinggi dan beberapa nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, seperti Riboflavin (Vitamin B2), Asam Pantotenat (Vitamin B5), Mangan, Kalium, Natrium, Magnesium, dan Niacin (Vitamin B3).

Khasiat Kopi Terkandung di Setiap Seruputnya

Studi menunjukkan bahwa orang yang rutin minum kopi 2-3 cangkir kopi dalam sehati mempunyai risiko lebih rendah mengalami penyakit serius, seperti diabetes tipe 2, kanker, penyakit jantung, parkinson, dan gangguan hati.

Dibawah ini ada beberapa khasiat yang bisa anda dapatkan dengan minum kopi dalam porsi yang benar dan tidak berlebihan. Yaitu :

Mengurangi Risiko Terkena Diabetes Tipe 2

Kopi mempunyai manfaat yang dipercaya dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Penelitian yang dilakukan disebuah Universitas ternama mengatakan bahwa orang yang mengkonsumsi kopi lebih dari secangkir setiap hari selama empat tahun, mempunyai risiko terkena diabetes tipe 2 lebih rendah sebesar 11 persen.

Tetapi, kopi bukanlah satu-satunya hal yang mempengaruhi risiko diabetes. Disamping itu, perlu diingat juga jangan terlalu banyak menambahkan gula kedalam kopi, karena gula dapat memicu peningkatkan terjadinya penyakit diabetes.

Mengurangi Depresi dan Ganggung Fungsi Otak

Pada penelitian lain menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi risiko depresi dan membantu menjaga kesehatan otak, sehingga mencegah demensia dan stroke. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, meminum setidaknya empat cangkir kopi berkafein menurunkan risiko terkena depresi sebanyak 20 persen. Untuk mendapatkan manfaat kopi ini, disarankan mengkonsumsi produk kopi yang mengandung kafein tinggi.

Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Parkinson

Kegembiraan para peminum kopi, kali ini penelitian yang menyimpulkan bahwa asupan kopi dan kafein yang tinggi kemungkinan besar dapat menurunkan risiko terkena penyakit parkinson secara signifikan.

BUkan hanya dapat mencegah parkinson saja, dalam penelitian ini juga diungkapkan bahwa konsumsi kopi dinilai bermanfaat untuk mereka yang sudah menderita penyakit ini. Kandungan kafein didalam kopi dinggap mampu membantu para penderita parkinson dalam mengontrol gerakan tubuh.

Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Organ Hati

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kopi berpotensi menurunkan risiko terkena sirosis hari pada peminum alkohol, sampai 22%. Mereka yang mengkonsumsi kopi sebanyak dua cangkir atau lebih dapat mengalami penurunan risiko hingga 66% terhadap kematian akibat sirosis hati (pengerasan organ hati)

Selain sirosis, mengkonsumsi kopi juga dapat menurunkan terjadinya risiko kanker hati, perlemakan hati, serta penyakit empedu seperti radang dan batu empedu. Menurut sebuah penelitian, konsumsi kopi menurunkan risiko kanker hati hingga 40%. Dari penelitian yang sama , konsumsi kopi tiga cangkir dalam sehati dapat menurunkan risiko kanker hati sampai 50%.

Menjaga Kesehatan Jantung

Dari penelitian yang dilakukan oleh sebuah lembaga pendidikan ternama didunia, konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat melindungi seseorang dari penyakit jantung. Adapun jumlah sedang tersebut setara dengan dua cangkir kopi atau 236,5 ml perhari.

Meskipuin demikian, manfaat kopi ini masih belum didukung oleh data yang konsisten, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Mempertahankan Tubuh Tetap Langsing

Kopi hitam tanpa gula adalah salahsatu minuman yang mengandung kalori dalam jumlah yang sangat rendah. Selain itu, kandungan kafein dalam minuman ini mampu mempercepat metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Oleh karena itu, kopi dipercaya bermanfaat untuk membantu menjaga tubuh tetap langsing.

Tetapi perlu anda ketahui, semua manfaat kopi diatas masih harus diteliti lebih lanjut lagi untuk menguatkan bukti-bukti yang ada.

Untuk kalian yang menderita tekanan darah tinggi, penyakit tiroid, penyakit asam lambung, kolesterol tinggi, gangguan tidur, atau sedang hamil, dianjurkan untuk mengurangi kopi dan berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi batas aman konsumsinya.

KHASIAT RICALINU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *