Penyebab Sakit Kepala Setelah Olahraga

Disini saya yakin kalian pernah mengalami sakit kepala setelah olahraga ? saya sendiri juga yang sering olahraga pernah merasakannya. Tetapi, jangan perlu khawatir. Karena sakit kepala setelah olahraga memang umum terjadi. Untuk itu, kita harus mengenali Penyebab Sakit Kepala Setelah Olahraga yang akan saya tulis dibawah.

Penyebab Sakit Kepala Setelah Olahraga

Sakit Kepala setelah olahraga memang dapat dialami oleh siapa saja karena berbagai faktor. Kondisi ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri yang berdenyut di kedua sisi kepala. Sakit kepala setelah olahraga dapat hilang dalam beberapa menit, tapi dapat bertahan juga sampai beberapa hari.

Jenis dan Penyebab Sakit Kepala Setelah Olahraga

Saki kepala setelah olahraga dibedakan berdasarkan penyebabnya ke dalam dua jenis, yaitu :

  • Sakit Kepala Primer

Dapat timbul pada saat seseorang berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat. Hal ini diduga karena saat berolahraga, otot kepala, kulit kepala, dan leher membutuhkan pasokan darah yang lebih banyak.

Kebutuhan yang meningkat ini membuat pembuluh darah di dalam kepala melebar sehingga meningkatkan tekanan dalam kepala dan menyebabkan rasa nyeri. Kondisi ini biasanya dialami oleh orang yang berolahraga dengan intensitas tinggi dan memiliki riwayat migrain.

  • Sakit Kepala Sekunder

Sakit kepala saat olahraga juga bisa terjadi karena gangguan kesehatan lain yang mendasari, bukan karena olahraga itu sendiri. Seperti penyakit yang dapat menyebabkan sakit kepala ada sinusitis, stroke, dan tumor.

Sakit kepala sekunder biasanya disertai gejala lain, seperti muntah, hilang kesadaran, penglihatan ganda, dan kaku leher. Jika merasakan sakit kepala setelah olahraga dengan gejala-gejala ini, segera periksakan diri ke dokter karena kondisi ini membutuhkan penanganan.

Penyebab Lain Sakit Kepala Setelah Olahraga

Selain dari penyebab diatas, sakit kepala setelah olahraga juga dapat dipengaruhi oleh beberapa hal lain, seperti :

  • Dehidrasi

Sakit kepala saat atau setelah olahraga bisa terjadi karena dehidrasi. Saat berolahraga, tubuh akan kehilangan cairan melalui keringat. Jika tidak minum cukup air sebelum olahraga, dehidrasi sangat mungkin terjadi.

Untuk dapat mencegah sakit kepala setelah olahraga akibat dehidrasi, minumlah 1-3 gelas air 1-2 jam sebelum melakukan olahraga. Bisa juga membawa botol air minum selama berolahraga untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

  • Terlalu Lama Tekana Sinar Matahari

Terlalu lama terkena sinar matahari juga dapat memicu terjadinya sakit kepala setelah olahraga. Untuk mencegah hal ini, bisa menggunakan kacamata hitam atau topi untuk melindungi wajah dan mata saat berolahraga diluar ruangan.

Kalian juga bisa membawa botol semprot kecil berisi air dingin untuk menyemprot wajah saat merasa kepanasan ketika berolahraga.

  • Kadar Gula Darah Rendah

Kadar gula rendah atau Hipoglikemia bisa terjadi karena kurang makan sebelum olahraga, sehingga tubuh kekurangan glukosa yang berperan sebagai sumber energi utama dan ini juga menjadi salah satu penyebab terjadinya sakit kepala.

Untuk menghindari hal ini, cobalah makan 2 jam sebelum olahraga. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan kaya protein, karbohidrat kompleks, dan serat guna menyeimbangkan kadar gula darah. Tetapi, jangan makan terlalu banyak, karena perut yang terlalu penuh dapat menghambat performa olahraga.

  • Teknik Olahraga Yang Kurang Tepat

Teknik yang kurang tepat dalam berolahraga juga dapat menjadi faktor mengalami sakit kepala. Gerakan yang salah dapat menyebabkan ketegangan ketegangan pada otot leher dan bahu. Hal inilah yang kemudia memicu sakit kepala.

Oleh karena itu, pastikan untuk menerapkan teknik yang tepat saat berolahraga. Jika kurang yakin bagaimana teknik yang tepat, cobalah pertimbangkan untuk berlahit berasama pelait profesional yang dapat membantu memperbaiki teknik olahraga. Dengan begitu, risiko terjadinya sakit kepala akan berkurang.

Diatas sudah saya jelaskan bagaiaman Penyebab Sakit Kepala Setelah Olahraga yang harus kalian ketahui untuk dapat membedakan mana yang berbahaya dan tidak. Semoga bermanfaat

KHASIAT RICALINU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *